Proteksi diri dari dunia maya

Dunia maya saat ini sudah menjadi seperti suatu urat nadi yang tak terpisahkan dengan kehidupan kita, mulai dari transaksi internet banking, jual beli, bahkan sistem pendidikan pun sudah banyak yang memanfaatkan kemudahan dari dunia maya.  Tapi, seiring dengan perkembangan internet, banyak diantara kita yang tidak perduli dengan keamanan di dunia maya.

Kejahatan dunia maya kita sudah mencapai taraf yang membahayakan, mulai dari sekedar hack login facebook, hack tampilan websites, bahkan yang parahnya ada yang memanfaatkan untuk mencuri uang dari dunia maya. Dengan memanfaatkan kelemahan yang ada di dunia maya, para cracker, banyak yang berusaha untuk mengambil kesempatan melakukan tindak kejahatan untuk kepentingan sendiri.

Banyak tips yang kita dapat jika kita coba untuk mencari melalui google, cukup mengetikkan kata kunci “tips aman internet” atau “tips menggunakan internet aman” kita akan mendapatkan banyak tips yang membantu kita untuk dapat aman selama berada di dunia maya.

Menurut saya, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan ketika kita hendak melakukan kegiatan di dunia maya, banyak hal yang kita anggap sepele, tetapi akhirnya berbuntut panjang dan akhirnya merugikan diri kita sendiri.

1. Gunakan password yang beragam.

Menggunakan password yang beragam sangat membantu kita, jikalau pun ada yang mencoba menjebol akun anda, para cracker akan sedikit terganggu dengan password yang beragam. Misalkan, bedakan password email anda dengan password internet banking anda atau bedakan dengan password login anda yang lain. Memang, hal ini sedikit mengganggu kita, jika kita lupa.

2. Jangan sembarangan login di komputer yang tidak anda kenal.

Hal kedua yang bisa membantu anda terhindar dari kejahatan maya adalah tidak melakukan login di sembarang tempat. banyak diantara kita yang tidak tahu, apakah komputer tersebut sudah disusupi oleh piranti jahat ataupun software jahat. Usahakan login di komputer anda sendiri.

3. Jangan install sembarangan software di komputer anda.

Banyak kita yang tidak tahu apa isi dari software yang kita install. Memang, banyak software yang mencoba memberikan anda kemudahan dengan fasilitas tool yang mudah digunakan, tetapi ada baiknya kalau kita lebih selektif ketika menginstall software.

4. Jangan terlalu melakukan publikasi email berlebihan.

Ketika kita melakukan publikasi email yang berlebihan, resiko kita menerima email spam akan semakin besar, bahkan email spam sekarang sudah sangat canggih, sangat sulit membedakan mana email yang spam dan mana yang bukan spam. ada baiknya kalau email hanya diketahui oleh rekan kita dan teman kita saja.

5. Perhatikan alamat email dan alamat url

Banyak orang yang terkecoh dengan email ataupun url. Hal ini dapat menyebabkan kita mudah terserang phising. untuk email, pastikan domain email, terletak diujung, bukan diawal. contoh admin@static1.facebook.com, email seperti ini, memang berasal dari facebook, karena menggunakan domain facebook, dan perhatikan email yang ini admin@facebook.static1.ninesecure.com. email yang ini bukan berasal dari facebook.com, melainkan berasal dari ninesecure.com, waspadailah dengan jeli

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s