Mengenal lebih apa itu “Teh”

Saya yakin, anda pasti pernah menikmati teh, baik disajikan setelah menjadi teh manis dingin atau teh manis panas, atau malah ada yang menikmatinya tanpa menggunakan gula. Khasiat meminum teh ternyata sangat banyak untuk tubuh kita, menurut penelitian teh mengandung senyawa polifenol, teanin, mineral dan alkaloid, vitamin C dan vitamin E, beta karoten ( ini yang baik untuk mengurangi radikal bebas, menghindari dari kanker, penyakit jantung dan penyakit degenerative dan banyak lainya) selain itu teh juga anti bakteri yang berguna untuk gigi, dimana dapat memperbaiki plak gigi dan karang gigi, dan yang lebih baiknya, teh juga sangat bagus dikonsumsi untuk diet, karena teh juga dapat mengurangi kolesterol. Walaupun begitu, kita sangat dilarang untuk mengkonsumsi banyak teh setiap harinya, bahkan hanya dianjurkan kurang dari lima cangkir sehari.

Untuk wanita, teh juga bagus, karena dapat mencegah keriput, menghaluskan wajah dan mencerahkan mata. Jenis jenis teh pun beragam, mulai dari teh putih, teh hijau, teh hitam atau teh merah, dan teh kuning. teh yang paling bagus untuk diet adalah teh hijau.

Dalam pemasarannya, teh dikemas dengan cara yang beragam, seperti yang kita tau, teh celup adalah teh yang populer saat ini, karena penyajiannnya yang mudah dan ringkas, tetapi kita juga harus waspada dengan kertas pembungkus teh tersebut, sehingga jika teh sudah berubah sesuai dengan yang kita ingin, buang saja teh celupnya, karena kertas tersebut dapat melebur kedalam air dan tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Selain teh celup, kita juga mengenal teh saring, cara ini lebih tradisional dan rumit, karena untuk membuat teh kita harus menggunakan saringan teh dan membuatnya pun sangat tidak secepat teh celup, tetapi teh saring ini lebih memberikan rasa teh yang lebih dikarenakan teh langsung kita seduh dengan air. tetapi cara ini tidak begitu hemat, karena untuk setelah teh kita saring, dan jika kita tidak menggunakannya dalam waktu dekat, teh akan mudah basi.

Teh seduh juga ada, yaitu teh dikemas dalam kaleng atau dibungkus dengan pembungkus dari plastik atau kertas. Takaran teh dapat diatur sesuai dengan selera dan sering dianggap tidak praktis. Saringan teh dipakai agar teh yang mengambang tidak ikut terminum. Selain itu, teh juga bisa dimasukkan dalam kantong teh sebelum diseduh. Mangkuk teh bertutup asal Tiongkok yang disebut gaiwan dapat digunakan untuk menyaring daun teh sewaktu menuang teh ke mangkuk teh yang lain.

Selain itu juga ada teh stik, dan teh instan atau teh bubuk. biasanya teh bubuk sudah diberi rasa seperti vanila, madu, dan buah buahan, bahkan sudah ada yang dicampur dengan susu bubuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s